Senin, 06 Januari 2014

Perkembangan Islam di Dunia / XII Genap



A.    Islam di Benua Amerika
Islam di benua Amerika memang relatif baru bila dibandingkan dengan agama Yahudi dan Kristen. Akan tetapi, Islam semakin kuat dan tumbuh menjadi suatu kekuatan yang cepat berkembang. Ini terbukti dengan terus meningkatnya jumlah masjid dan pusat kegiatan Islam ( Islamic center ) di Amerika yang mencapai lebih dari 600 unit. Pertumbuhan yang sama juga terlihat dengan bertambahnya jumlah pemeluk Islam di Amerika yang diperkirakan kurang lebih 4,5 juta orang.

1. Masuknya Islam di Amerika
Sejarah masuknya Islam tidak begitu jelas,karena belum ada peneliti secara ilmiah mengenahi hal itu. Beberapa ahli sejarah menduga bahwa :
a.       pelaut-pelaut muslim adalah orang yang pertama yang melintasi Lautan Atlantik dan mencapai pantai-pantai dunia baru, termasuk juga pantai benua Amerika.
b.      Cristoper Colombus dalam menemukan benua Amerika dipandu oleh navigator-navigator dan pembantu-pembantunya yang terdiri dari orang-orang muslim dari Andalusia atau Maroko yang disewa tenaganya.

Perkiraan-perkiraan  seperti ini berkembang walaupun tidak berdasarkan secara ilmiah dan makin tersiar secara luas.
Jika asal-usul kehadiran Islam di Amerika masih merupakan spikulasi, maka adanya pemukiman tawanan muslim di Amerika Utara pada abad ke-16 sampai dengan abad ke-18 merupakan suatu kepastian. Jatuhnya Islam Andalusia ke tangan Eropa merupakan malapetaka bagi bagi juataan umat Islam. Dengan demikian, sebagia umat Islam menjadi tawanan orang-orang Spanyol dan menjadi kelompok orang pertama yang diangkut ke Amerika. Kemungkinan lain, mereka tidak sanggup lagi menghadapi tekanan-tekanan orang-orang Spanyol, kemudian mereka pergi ke daerah yang tidak dikenal yaitu Amerika. Tentang beberapa hal tersebut memang tidak ada catatan sejarah yang resmi. Akan tetapi, yang pasti pada abad ke-16 sampai dengan abad ke-18 di Amerika Utara sudah ada pemukiman muslim dari Afrika.
Pada abad seperempat akhir abad ke-19, banyak orang Islam dari timur dan bagian-bagian lain dari dunia Islam mulai datang ke Amerika. Tujuan mereka sama dengan imigran yang lain, yaitu lari dari keadaan yang tidak mereka inginkan di negerinya dan dalam rangka untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik di dunia baru. Diantara mereka itu banyak yang berhasil memelihara identitasnya sebagai muslim dan membentuk masyarakat yang tersebar di beberapa kota di Amerika Serikat dan Kanada. Orang-orang Islam Balkan, ketika imperium Ustmaniah mulai surut, banyak juga yang pindah ke Amerika untuk menemukan hidup baru. Demikian pula orang-orang Islam Syiria, Rusia Selatan, Kaukasi,Turki, dan beberapa negara yang dijajah Inggris, Perancis dan Italia, banyak yang pindah ke Amerika.
Setelah perang dunia II, imigran muslim datang ke Amerika dalam jumlah yang banyak. Tampilnya Amerika Serikat di dunia politik juga telah menarik mahasiswa muslim dari berbagai negara. Mereka datang dan tinggal di Amerika dalam jangka waktu lama dan bergaul sesama mahasiswa maupun masyarakat setempat dan tetap dapat menjalankan agamanya sehari-hari.
Perpecahan dan peperangan yang terjadi di beberapa negara Islam, seperti perang antara Syiria dan Mesir tahun 1961, perang India-Pakistan tahun 1966, antara Arab dan Israel tahun 1967. hal tersebut mendorong imigrasi besar-besaran dari negara-negara Islam ke Amerika dan negara-negara barat lainnya.
Pada tahun 1968 pemerintah Mesir mengumumkam imigrasi secara legal, sehingga ratusan ribu orang muslim profesional dari tingkat menengah dan tingkat atas datang ke Amerika Serikat.

2.  Perkembangan Islam di Amerika
            Orang muslim kulit hitam di Amerika Serikat yang tergabung dalam himpunan dakwah Muslim Amerika menyatakan bahwa pada masa lalu muncul seorang tokoh di kalangan mereka bernama Farrahan Muhammah. Farrahan Muhammad ini mencari orang yang mempunyai kekuatan, keberanian dan ketetapan hati untuk menggantikan kedudukannya. Farrahan Muhammad ternyata menemukan orang yang dikehendakinya, yakni Elijah Pook.
            Tidak lama kemudian Elijah Pook berganti nama dengan Elijah Muhammad, dan menerima Farrahan Muhammad sebagai gurunya. Elijah Muhammad taat dan setia kepada gurunya (Farrahan Muhammad ) selama 40 tahun. Elijah Muhammad adalah orang yang sangat cerdas kuat pendiriannya dan juga mengenal psikologi massa. Elijah Muhammad bergabung dengan orang-orang Muslim Amerika kulit hitam dengan tujuan utamanya adalah memusuhi Amerika. Namun kepada rakyat berkulit hitam, dia menunjukkan kesetiaan yang tulus kepada Amerika. Setelah rencana ini diketahui pihak Amerika, dia pun segera meninggalkan Amerika .
            Pada tanggal 25 Pebruari 1975 Elijah Muhammad meninggal dunia. Ia telah meninggalkan jasa yang besar dikalangan orang-orang muslim kulit hitam. Banyak sekolah dan masjid yang telah dibangun. Di bidang organisasi, ia telah meninggalkan suatu jama’ah yang besar dan teratur. Di bidang ekonomi, ia meninggalkan warisan senilai lebih kurang 80 juta dolar yang ditanam di berbagai perusahaan. Elijah Muhammad telah berhasil mengangkat martabat orang-orang Islam kulit hitam dari segi sosial, ekonomi dan pendidikan. Akan tetapi, memang ada komentar bahwa Elijah Muhammad telah membuat kekeliruan dalam menafsirkan Islam.
            Sebagai pengganti Elijah Muhammad adalah Warist Deen Muhammah dan ia ditetapkan sebagai imam. Untuk selanjutnya ia disebut Imam Warist Deen Muhammah. Ia mengadakan pembaharuan dalam bidang agama untuk meluruskan ajaran-ajaran yang kurang tepat yang telah diperbuat oleh pendahulunya. Upaya tersebut didasarkan pada ajaran Al-Qur’an dan Hadits, yang paling utama mendapatkan perhatian ialah pembenahan di bidang aqidah. Ia menegaskan bahwa Farrahan Muhammad bukan Tuhan dan Elijah Muhammad bukan utusan Tuhan ia menyatakan bahwa Elijah Muhammad tidak benar, karena ia telah mengaku sebagai utusan tuhan dan tuhan menurut Elijah adalah Farrahan Muhammad. Untuk itu ia berusaha untuk memantapkan dua kalimat syahadat kepada para pengikutnya.
Pada tahun 1976 Imam Warist Deen Muhammah menukar nama Nation of Islam menjadi World Community of Islam in West. Ia juga tidak setuju dengan istilah Black Muslim dan memopulerkan istilah Bilalian People atau Bilalian America. Sebutan ini diambil dari nama salah seorang sahabat Nabi yang menjadi muadzin pada masa Rosulullah saw.
            Tata terbib didalam masjid juga ia benahi, yaitu kalau dahulunya didalam masjid tedapat kursi-kursi akibat pengaruh gereja, maka sejak Warits menjadi imam, kursi-kursi itu tidak ada lagi. Demikian juga kalau dulu  diantara umat Islam Amerika ada yang berpuasa pada bulan Desember, maka puasa secara seragam dilaksanakan pada bulan Romadlon. Di dalam organisasi juga terdapat perbaikan-perbaikan. Jika sebelum Imam Warits dikenal adanya kepemimpinan tunggal, sejak tahun 1976 Imam Warits mengangkat Majlis imam sebanyak 6 orang . tiap-tiap orang mengkoordinasikan kegiatan masyarakat Islam di wilayahnya masing-masing. Kegiatan yang dikoordinasikan antara lain masalah zakat, pendidikan hubungan baik dengan organisasi Islam yang lain, urusan dakwah termasuk dakwah dipenjara dan urusan perdagangan. Dalam hal ini Imam Warits menjadi pemimpin dari majlis Imam tersebut.
            Tanggal 30 April 1980 Imam Warits mengumumkam penggantinan nama organisasi World Community of Islam in West menjadi America Muslim Mission ( AMM ) yang berkantor pusat di dekat Universitas Chicago. Perubahan ini menegaskan bahwa tugas pokok organisasi adalah dakwah dan menegaskan sifat nasionalisme sebagai warga negara Amerika. Imam Warits juga menegaskan bahwa mereka adalah anggota masyarakat Islam dari seluruh dunia.
            Jumlah masjid di Amerika Serikst sudah mencapai 266 buah, 156 buah didirikan oleh masyarakat bilali dan 110 buah lainnya oleh masyarakat muslim lainnya di beberepa negara bagian. Masjid di Washington adalah masjid yang paling bagus, didirikan pada tahun 1952. masjid yang paling besar di Amerika Serikat adalah Masjid Islamic Center Detroit, dibangun antara tahun 1962-1968 oleh para jama’ah dan bantuan pemerintah Mesir, Arab Saudi, Iran dan Libanon.
            Peranan mahasiswa muslim yang datang dari berbagai negara sangat penting dalam menyiarkan Islam di negeri itu. Masyarakat Amerika yang tidak peduli terhadap agama tidak menjadi penghalang bagi mahasiswa untuk tetap mengamalkan dan menyiarkan ajaran mereka, bahkan merupakan suatu tantangan.

B.  Islam di Benua Eropa
            Penyebaran Islam di Eropa dimulai ketika terjadi penaklukan pasukan Islam di Spanyol pada masa Kholifah Al-Walid dari dinasti Bani Umayyah yang memerintahkan pada tahun 705-715 M. sebelum umat Islam menguasai Spanyol mereka telah menguasai Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu provinsi dari Dinasti Bani Umayyah.

1.  Masuknya Islam di Benua Eropa
            Ketika Kholifah Al-Walid mengirimkan pasukan untuk mengadakan perluasan daerah, maka Musa bin Nashoir ( gubernur Afrika Utara ) mengutus Thoriq bin Ziyad untuk memimpin bantuan terhadap kerajaan Raja Julian yang sedang  berperang melawan Raja Roderick. Dalam peperangan itu pasukan Islam mendapat kemenangan. Sejak itulah Islam sampai di kawasan Eropa.
            Pada mulanya pemerintahan Islam di Spanyol menjadi salah satu provinsi dari Dinasti Bani Umayyah. Tetapi setelah Bani Umayyah diganti Dinasti Abbasiyah, maka pemerintahan Islam di Spanyol merupakan pemerintahan yang berdiri sendiri. Salah seorang keturunan Dinasti Bani Umayyah yang bernama Abdurrahman telah mendirikan kekholifahan di Spanyol.

2.  Perkembangan Islam di benua Spanyol
            Sejak kerajaan Kristen kembali menguasai kawasan Spanyol, cara-cara yang dilakukan kepada orang Islam sangat kasar. Orang-orang Islam dipaksa masuk Kristen dan tidak boleh mengadakan perkawinan secara Islam, bahkan juga tidak boleh menggunakan bahasa Arab. Sejak itu hubungan antara Eropa dan dunia Islam terputus sama sekali.
Akan tetapi mulai abad ke-18, hubungan itu mulai terjalin, yaitu setelah negara-negara Islam atau negara yang berpenduduk mayoritas Islam mendapatkan kemerdekaan dari penjajah Eropa. Banyak sekali orang Islam yang datang ke Eropa, baik sebagai imigran maupun karena ingin menuntut ilmu. Mereka saling tukar menukar informasi dan mengadakan kerjasama. Dari sini kita mengenal sebuah organisasi Islam yang disebut Young Muslim Association yang bergerak di bidang dakwah dan sosial. Dalam melaksanakan dakwah, mereka banyak yang berhasil karena aktifis-aktifis dakwah yang berpikiran luas dan berhati terbuka serta mampu bergaul dengan masyarakat.
Selain adanya organisasi yang berciri internasional, banyak pula pekerja dari Turki dan Pakistan yang hidupnya selalu mengelompok, mereka mereka sering membeli rumah yang kemudian digunakan untuk masjid dan berbagai kegiatan Islam.
Sebagai gambaran keadaan umat Islam di Eropa, berikut ini dikemukakan jumlah penduduk muslim di beberapa negara di Eropa, terutama Eropa Barat, yang di data antara tahun 1981- 1984
Di Austria menurut perhitungan Mei 1981 :     76.940 muslim = 59.910 dari Turki, 1.574 dari Mesir, 3.141 dari Iran dan negara lainnya.
Di Belgia : 186.387 muslim = 10.796 dari Al-Jazair, 105.133 dari Maroko, 6.871 dari Tunisia, 63.587 dari Turki.
Di Perancis : 2.000.000 muslim = 777.037 dari Al-Jazair, 600.000 dari Maroko, dan 140.000 dari Turki.
Di Jerman : 1.700.000 muslim = 29.000 dari Iran, 35.854 dari Maroko, 26.000 dari Pakistan.
Di Inggris : 1.500.000 muslim, mereka berasal dari Bangladesh dan Pakistan. Di London (ibu kota Inggris) banyak terdapat masjid, baik yang besar maupun yang kecil, dan yang terbesar ialah masjid Islamic Center yang terletak di tengah-tengah kota London.
Di Denmark :  30.000 muslim = 16.000 dari Turki, 7.000 dari Pakistan
Di Ferlandia  :   2.000 muslim.
           

C.  Islam di Benua Australia
Penyebaran Islam di Australia pada umumnya tidak mengalami hambatan yang berarti. Hal ini disebabkan karena masyarakat Australia mempunyai tingkat toleransi yang cukup tinggi. Australia berpenduduk sekitar 15 juta jiwa, yang memeluk agama Islam sekitar 250.000 orang. Diantara mereka terdapat 300 orang muslim yang berkulit putih.
                                                                   
1.  Masuknya Islam di Australia
Kemungkinan yang membawa Islam masuk Australia adalah orang Pakistan atau Afghanistan. Dalam hal ini tidak ada catatan yang pasti, namun kehadiran muslim di Australia sangat dibutuhkan dalam kaitannya dengan mengurus onta. Pada waku itu onta mempunyai peranan penting untuk mengangkut barang-barang dalam penjelajahan di Australia bagian tengah.
Islam masuk di Australia bersamaan dengan didirikannya ibu kota negara bagian Australia Selatan, Adelaide. Yaitu, diperkirakan pada tuhun 1850-1970, pada masa kota Adelaide menjadi pangkalan bagi usaha perintis dan penjelajahan kawasan tengah Australia. Pada tahun 1870 didirikan sebuah masjid kecil yang cukup indah dengan empat menara pada masing-masing sudutnya. Masjid itu didirikan di sebuah lapangan di sekitar pemukiman orang-orang Afghan yang memelihara onta. Sambil memelihara onta mereka melakukan dakwah. Tetapi karena mereka bukan ahli dakwah tang terlatih, maka tugas dakwahnya hanya dilakukan secara sambil lalu dan tidak terencana dengan baik.

2.  Perkembangan Islam di Australia
            Pada umumnya masyarakat Australia menganut agama Kristen, tetapi toleransi mereka terhadap agama lain cukup baik, termasuk kepada agama Islam. Mengenahi perkembangan Islam di Australia, dapat dilihat dari beberapa negara bagian, sebagai berikut :

a.  Canberra
Canberra adalah ibu kota Australia yang dibangun dengan rencana tata kota yang sempurna. Pada tahun 1982 penduduknya berjumlah 220.000 orang. Di Canberra hanya terdapat satu masjid. Masjid ini ddaebut Masjid Canberra, yang dibangun oleh Kedutaan Besar Indonesia, Kedutaan Besar Malaysia, Kedutaan Besar Pakistan. Masjid ini diresmikan pada tahun 1961. yang bertindak sebagai imam masjid adalah Amin Hady (dari Jawa Tengah)yang diangkat oleh AFIC (Australia Federation of Islam Counsil), Dia adalah tamatan Universitas Al-Azar Cairo.
Berkat usaha Amin Hady inilah Masjid Canberra mempunyai kegiatan yang semarak. Pada hari Sabtu dan Ahad diadakan pengajian untuk anak-anak dan orang dewasa. Umat Islam di canberra tidak begitu banyak yaitu sekitar 2.000 orang.

b.  Victoria
Negara  bagian Victoria ibu kotanya adalah Melbourne. Pendudukannya lebih kurang 3 juta orang, 120.000 diantaranya beragama Islam. Mereka berasal dari Libanon, Turki, Yuguslavia, Afghanistan, Albania, Mesir Pakisran, Indonesia dan lain-lain.                                     Di kota ini terdapat 7 buah masjid. Yang terbesar adalah masjid Umar bin Khottab. Mesjid ini dilengkapi dengan kantor, perpustakaan, ruang pertemuan, ruang belajar dan ruang serba guna.

c.  Australia Barat
    Negara bagian Australia Barat ibu kotanya Perth, berpenduduk 1.265.000 jiwa. Yang  beragama Islam 12.000 jiwa, berasal dari Afghanistan, Turki, Arab, Indonesia, Malaysia, Singapura dan lainnya. Di kota ini terdapat 3 masjid,yaitu : Masjid Afghanistan (Masjid Perth), Masjid Islamic Counsil dan Masjid Turki. Di Universitas Western Australia juga diadakan sholat Jum’ah.
Di kota Kotarning yang letaknya 290 km dari kota Perth juga terdapat masjid yang besar sekali. Umat Islam di daerah ini berasal dari kepulauan Cocos yang terletak di Lautan India sebelah barat Darwin. Mereka masih pandai berbahasa Melayu (Indonesia).

D.  Islam Di Afrika
            Sejak masa Rosulullah saw, sebenarnya telah ada hubungan baik dengan salah satu penguasa di benua Afrika, yaitu Gubernur Muqauqis di Mesir. Pada waktu itu Rasulullah saw mengirimkan surat kepada Gubernur Muqauqis untuk masuk Islam. Ajakan ini diterima dengan baik walaupun Gubernur itu belum sempat masuk Islam. Untuk memberi penghormatan kepada Rosulullah saw, sang Gubernur memberi hadiah yang istimewa kepada beliau, yaitu seorang budak perempuan bernama Maria Qibtiyah. Secara resmi Islam masuk di benua Afrika pada masa Kholifah Umar bin Khaththab.

1.  Masuknya Islam di Afrika
            Pada masa Kholifah Umar bin Khoththab, Mesir dalam penjajahan bangsa Romawi Timur. Mereka sangat menderita, karena dibebani pajak yang sangat tinggi, harta kekayaan mereka diangkut ke Romawi dan mereka dipaksa mengikuti keyakinan agama kaum penjajah. Karena penderitaan yang berat inilah banyak orang Mesir keluar dari negerinya. Dalam situasi yang demikian Amr bin Ash selaku panglima perang mengusulkan kepada Kholifah Umar bin Khoththab untuk membebaskan bangsa Mesir dari penindasan bangsa Romawi.
            Usul tersebut diterima oleh Kholifah Umar bin Khoththab, pasukan Islam dipersiapkan sebanyak 4000 orang, dengan pimpinan ‘Amr bin Ash. Jumlah ini sebenarnya terlalu kecil jika dibandingkan dengan kekuatan pasukan Romawi. Dengan berbekal keteguhan iman, keberanian dan semangat yang tinggi, Amr dan pasukannya memasuki daerah Mesir tanpa memperoleh perlawanan.
            “Amr mengadakan pengepungan dan setelah satu bulan mereka menyerah kepada pasukan Islam. Dari Al-Farma pasukan Islam selanjutnya dapat menaklukkan kota Bilbis, Tondamius, ‘Ainu Syams dan kota Iskandariyah. Dan sejak itu pula Mesir menjadi daerah Islam sepenuhnya.
            Pada masa kholifah ‘Utsman bin Affan, pasukan Islam juga dapat merebut Tunisia dari tangan penjajah Romawi. Pada masa Dinasti Bani Umayyah, perluasan Islam di benua Afrika mengalami keberhasilan sebagaimana dihadapkan.

2.  Perkembangan Islam di Afrika
Pembahasa tentang perkembangan Islam di Afrika meliputi banyak negara, yang di antaranya : Mesir, Libia, Aljazair, Maroko, Mauritannia, Mali, Nigeria, Pantai Gading, Ghana, Chad, Sudan, Etheopia, Somalia, Kenya, Tanzania, Zaire, Angola, Zambia, Uni Afrika Selatan dan masih banyak lagi. Akan tetapi dalam membahas perkembangan Islam di afrika cukup dengan beberapa negara saja. Hal yang penting diketahui adalah bahwa benua Afrika mendapat julukan benua Islan karena 70 % penduduknya beragama Islam.

a.  Mesir
      Mesir adalah negara di Afrika yang paling awal mengenal Islam. Berpenduduk 41.990.000 jiwa mayoritas Muslim, yang Kristen sekitar 3 juta jiwa. Di Mesir terdapat 8 universitas, yang terkenal Universitas Al-Azhar, didirikan pada tahun 972 M oleh Dinasti Fathimiyah. Dari universitas inilah dilahirkan ulama-ulama yang besar tersebar ke seluruh dunia.

b.  Libia
Republik Rakyat Libia berpenduduk 2,9 juta jiwa. Hampir seluruhnya muslim. Penduduk Libia terutama terdiri dari orang-orang Arab, hanya di bagian Selatan dan Barat yang dihuni oleh orang-orang Barbar.

c.  Chad
      Republik Chad terletak di Afrika Tengah. Berpenduduk 4 juta jiwa, 80 % muslim, 10% Kristen dan selebihnya Animisme. Bahasa ang digunakan adalah Arab dan Perancis. Pada tahun 1965 didirikan The Chad Liberation yang bertujuan antara lain untuk mempertahankan Islam    
d.  Nigeria
      Nigeria adalah negara yang terletak di Afrika Barat dan termasuk negara terkemuka dengan pruduksi minyaknya yang besar. Nigeria termasuk negara terbesar kedua pengekspor minyak ke Amerika Serikat setelah Saudi Arabia. Berpenduduk 95 juta, 75% muslim dan selebihnya animisme dan Kristen.
Negara-negara lain di Afrika yang mempunyai penduduk mayoritas Islam, antara lain Aljazair, Tunisia, Sudan, dan Mroko. Demikian sekilas penyebaran dan perkembangan Islam di kawasan Afrika.


Hafalkan Do’a berikut dan bacalah setiap selesai wirid sholat fardlu :
١- اللهمّ اهد قوْمِى فإنهم لا يَعْـلَمُوْن
Allahummahdi qoumi, fainnahum la ya’lamun.

Ya Allah berilah petunjuk kaumku, karena sesungguhnya mereka belum mengetahui.
٢- اللهم ارحم أمّة سيّدنا محمّد، اللهم اصلح أمّة سيّدنا محمّد، اللهم فرّجْ عن أمّةِ سيّدنا محمّد
Allahummarham ummata sayyidina Muhammad, Allahummash-lih ummata sayyidina Muhammad, Allahumma farrij ‘an ummati sayyidina Muhammad

Ya Allah kasih sayangilah umat junjungan kita Nabi Muhammad, Ya Allah perbaikilah nasib umat junjungan kita Nabi Muhammad, Ya Allah berilah jalan keluar dari permasalahan umat junjungan kita Nabi Muhammad.



Tugas  :       1.         Tugas Individu
            - Mencari artikel tentang perkembangan Islam terkini di Lima Benua dari internet !
2.   Tugas Kelompok
      - Diskusikan dan simpulkan,” Tentang perkembangan Islam terkini di Lima Benua”

-------0o00o0------

Doa ketika akan Bersetubuh dengan Istri:
اَللَّهُمَّ جَنِّبنَا وَ جَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Ya Allah jauhkanlah kami dan apa yang Engkau rizkikan pada kami dari setan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu !

Ketika Istri telah hamil
Berpuasalah sunnah pada hari Senin dan Kamis , hadiahkan bacaan Al-Fatihah, Surat Al-Ikhlas, syahadat dan sholawat pada bayi yang ada di kandungan ibunya

Ketika bayi lahir
Bacakan adzan sholat di kelinga kanan dan bacakan iqomah ditelinga kiri kemudian bacakan Surat Al-Qodar (Inna anzalnahu fi laialatil sampai selesai) 7x setiap kali ditiupkan pada ubun-ubunnya dengan maksud agar dijauhkan dari perzinaan

Tata Cara Mananam Ari-Ari Bayi
Ketika ari-ari sudah keluar, maka cucilah sebersih mungkin. Lalu dicampur kembang boreh,  setelah itu dimasukkan kedalam kendil yang baru dialasi kain putih yang baru lalu ditutup dengan kain putih yang baru pula, kemudian ditutup dengan tutup kendil. Kendil dimasukkan kedalam lubang yang digali dengan tangan kanan dan mengeluarkan tanah galianpun dengan tangan kanan. Ketika memasukkan kendil dengan membaca sholawat, syahadat dan Al-Fatihah sekali sekali. Kemudian berujarlah pada ari-ari:
“ Meneng-meneng-meneng jabang bayi ojo sugih tangis ojo sugih beko. lan ojo sugih lewo lan ojo sugih catur. Lan ojo wani marang bopo biyungiro lan ojo wani marang guru lan sedulur iro kabeh”
Kemudian dijawab sendiri : “ Inggih-inggih-inggih”
Baru kemudian lubang ditutup dengan tanah


Mawaris / XII Genap



A.     Pengertian Ilmu waris :
Ilmu Waris / Faroidl / Tirkah adalah ilmu yang menjelaskan tentang ketentuan pembagian harta peninggalan bagi ahli waris menurut syariat Islam.

B.  Hubungan Ilmu waris dengan hukum adat
Hukum adat dalam pembagian waris yang sesuai dengan hukum Islam di antaranya berlaku di suku Jawa, dimana dikenal istilah sepikul segendongan artinya bagian laki-laki dua kali perempuan. Sementara hukum adat yang tidak sesuai dengan hukum Islam diantaranya di Minangkabau, dimana anak laki-laki tidak menjadi ahli waris adri bapaknya. Begitu juga di Tapanuli, dimana anak tidak menjadi ahli waris dari ibunya. Dan di Sabu-Sumatra, anak laki-laki mendapatkan harta waris dari bapaknya dan anak perempuan mendapatkan harta waris dari ibunya.

C. Dasar Hukum
Firman Allah SWT  dalam QS Al Baqoroh :188:

“Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu Mengetahui”.

Sabda Rosulullah SAW :
اَقْسِمُوْاالْمَالَ بَيْنَ اَهْلِ الْفَرَائِضِ عَلَى كِتَابِ اللَّهِ
“Bagilah harta pusaka antara ahli waris menurut kitab Allah (Al-Qur’an).” (HR. Muslim & Abu Dawud)

Dan perhatikan pula QS An-Nisa’ :7 – 14
 

7.  Bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang Telah ditetapkan.
8.  Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat[270], anak yatim dan orang miskin, Maka berilah mereka dari harta itu [271] (sekedarnya) dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang baik.
9.  Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.
10.  Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, Sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).
11.  Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. yaitu : bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan[272]; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua[273], Maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, Maka ia memperoleh separo harta. dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), Maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, Maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.
12.  Dan bagimu (suami-suami) seperdua dari harta yang ditinggalkan oleh isteri-isterimu, jika mereka tidak mempunyai anak. jika Isteri-isterimu itu mempunyai anak, Maka kamu mendapat seperempat dari harta yang ditinggalkannya sesudah dipenuhi wasiat yang mereka buat atau (dan) seduah dibayar hutangnya. para isteri memperoleh seperempat harta yang kamu tinggalkan jika kamu tidak mempunyai anak. jika kamu mempunyai anak, Maka para isteri memperoleh seperdelapan dari harta yang kamu tinggalkan sesudah dipenuhi wasiat yang kamu buat atau (dan) sesudah dibayar hutang-hutangmu. jika seseorang mati, baik laki-laki maupun perempuan yang tidak meninggalkan ayah dan tidak meninggalkan anak, tetapi mempunyai seorang saudara laki-laki (seibu saja) atau seorang saudara perempuan (seibu saja), Maka bagi masing-masing dari kedua jenis saudara itu seperenam harta. tetapi jika Saudara-saudara seibu itu lebih dari seorang, Maka mereka bersekutu dalam yang sepertiga itu, sesudah dipenuhi wasiat yang dibuat olehnya atau sesudah dibayar hutangnya dengan tidak memberi mudharat (kepada ahli waris)[274]. (Allah menetapkan yang demikian itu sebagai) syari'at yang benar-benar dari Allah, dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Penyantun.
13.  (Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam syurga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan Itulah kemenangan yang besar.
14.  Dan barangsiapa yang mendurhakai Allah dan rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam api neraka sedang ia kekal di dalamnya; dan baginya siksa yang menghinakan.

[270]  kerabat di sini maksudnya : kerabat yang tidak mempunyai hak warisan dari harta benda pusaka.
[271]  pemberian sekedarnya itu tidak boleh lebih dari sepertiga harta warisan.
[272]  bagian laki-laki dua kali bagian perempuan adalah Karena kewajiban laki-laki lebih berat dari perempuan, seperti kewajiban membayar maskawin dan memberi nafkah. (lihat surat An Nisaa ayat 34).
[273]  lebih dari dua maksudnya : dua atau lebih sesuai dengan yang diamalkan nabi.
[274]  memberi mudharat kepada waris itu ialah tindakan-tindakan seperti: a. mewasiatkan lebih dari sepertiga harta pusaka. b. berwasiat dengan maksud mengurangi harta warisan. sekalipun kurang dari sepertiga bila ada niat mengurangi hak waris, juga tidak diperbolehkan.

QS An-Nisa’ : 176 :


176.“Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah)[387]. Katakanlah: "Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu): jika seorang meninggal dunia, dan ia tidak mempunyai anak dan mempunyai saudara perempuan, Maka bagi saudaranya yang perempuan itu seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mempusakai (seluruh harta saudara perempuan), jika ia tidak mempunyai anak; tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, Maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan oleh yang meninggal. dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) Saudara-saudara laki dan perempuan, Maka bahagian seorang saudara laki-laki sebanyak bahagian dua orang saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, supaya kamu tidak sesat. dan Allah Maha mengetahui segala sesuatu”.

[387]  kalalah ialah: seseorang mati yang tidak meninggalkan ayah dan anak.

D.  Sebelum harta waris dibagikan :
Yang perlu diselesaikan terlebih dahulu adalah :
1.      Biaya perawatan jenazah, diambilkan dari harta peninggalannya.
2.      Hutang, baik pinjaman berupa uang atau benda yang wajib dikembalikan
3.      Zakat, harta yang wajib dizakati, belum sempat dibayar
4.      Nadzar / kaul dari almarhum yang wajib di tunaikan
5.      Wasiat yaitu pesan almarhum tentang pemberian harta peninggalan kepada selain ahli waris dengan syarat :
a.       Tidak lebih dari sepertiga
b.      Penerima wasiat harus orang islam
c.       Pemberian wasiat harus merdeka / tanpa paksaan
d.      Semua wasiat hanyalah berupa harta
Bila meninggalnya masih berstatus sebagai suami istri, maka dibedakan mana harta bawaan masing-masing dan mana harta bersama. Harta bersama ini kemudian dipisahkan (digono-gini).Setelah jelas mana harta peninggalan dimati barulah proses pembagian harta waris ini dihitung.

E.     Ahli Waris

Terdiri dari 25 orang yaitu 15 dari kelompok laki-laki dan 10 dari kelompok perempuan. Mereka hilang haknya bila sebagai budak, pembunuh almarhum, murtad atau beda agama.

Kelompok laki-laki
















Ket :  dari ahli waris *no.12 dan  **no.13 tidak bersambung dengan Ahli waris no.5 dan no.6 tetapi bersambung dengan Al-Al-Pm (cucu paman dan seterusnya kebawah)

Kelompok Perempuan
Ket :  Al                 : Anak laki-lakinya mayat
Al-al             : Anak laki-lakinya anak laki-lakinya(cucu laki-laki) mayat
Bpk-bpk       : bapaknya-bapaknya(datuk / kakek) mayat
Sdra Sib        : saudara laki-laki yg seibu sebapak dg mayat
Al-Sdra Sib   : Anak laki-lakinya saudara yg seibu sebapak dg mayat
Sdra Sb         : Saudara laki-laki yg sebapak dg mayat
Al-Sdra Sb    : Anak laki-lakinya Saudara yg sebapak dg mayat
Sdr Si            : Saudara laki-laki yg seibu dg mayat
Pm Sib          : Paman yg seibu sebapak dg bapaknya mayat.
Al-Pm Sib     : Anak laki-lakinya Paman yg seibu sebapak dg bapaknya mayat
Pm Sb           : Paman yg sebapak dg bapaknya mayat
Al-Pm Sb      : Anak laki-lakinya Paman yg sebapak dg bapaknya mayat
Ap                : Anak perempuan mayat
Ap-Al           : Anak perempuannya anak laki-lakinya mayat
Ibu-Ibu         : Ibunya ibunya mayat
Ibu-Bpk        : Ibunya bapaknya mayat
Sdri Sib         : saudara perempuan yg seibu sebapak dg mayat
Sdri Sb          : saudara perempuan yg sebapak dg mayat
Sdri Si           : saudara perempuan yg seibu dg mayat

-          Sekiranya 25 orang tersebut ada, maka yang lebih dekat yang diutamakan dan menghalangi kerabat yang lebih jauh (lihat jadwal hijab hirman).
-          Ada 5 orang yang tak terhijab hirman, yaitu : Suami, istri, Ibu, bapak dan Anak kandung
-          Dari 25 pewaris itu dibedakan dalam dua golongan yaitu Dzawil Furudl dan Ashobah.

F.     Dzawil Furudl :

Dawil Furudl adalah ahli waris yang mendapatkan bagian dengan kadar tertentu.
1.      Yang mendapatkan ½ bagian :
-          Anak perempuan (Ap) tunggal
-          Cucu perempuan tunggal (Anak perempuan dari anak laki-laki), apabila tidak ada anak perempuan atau cucu perempuan dari anak laki-laki lain.
-          Saudara perempuan tunggal sebapak bila yang seibu sebapak tidak ada
-          Suami, bila istri yang meninggal tidak punya anak turun.

2.    Yang mendapat ¼ bagian :
-          Suami, bila istri yang meninggal punya anak turun
-          Istri, bila suami yang meninggal tidak punya anak turun

3.    Yang mendapat 1/8 bagian :
-          Istri, bila suami yang meninggal punya anak turun
4.      Yang mendapat 2/3 bagian :
-          Yang mendapat ½ di atas bila berbilang kecuali suami.
a. Anak perempuan dua atau lebih
b. Cucu perempuan dua atau lebih
c. Saudara perempuan dua atau lebih

5.    Yang mendapat 1/3 bagian :
-          Ibu, bila yang meninggal tidak punya anak, cucu atau saudara
-          Dua saudara atau lebih baik laki-laki atau perempuan yang seibu, bila yang meninggal tidak punya anak turun atau orang tua

6.    Yang mendapat 1/6 bagian :
-          Ibu, bila yang meninggal mempunya anak, cucu atau saudara.
-          Nenek (ibunya ibu atau ibunya bapak) bila ibu atau bapak tidak ada .
-          Cucu perempuan dari anak laki-laki apabila bersama seorang anak perempuan, tetapi apabila anak perempuan berbilang, cucu perempuan tadi tidak mendapat.
-          Seorang saudara laki-laki atau perempuan yang seibu.
-          Saudara perempuan sendirian atau berbilang yang sebapak, apabila bersama seorang perempuan yang seibu sebapak, tetapi bila saudara perempuan seibu sebapak tadi berbilang maka saudara perempuan sebapak tadi tidak mendapatkan.

7.      Ketentuan khusus untuk bapak  :
-          Mendapatkan 1/3 bagian dan Ashobah bila simayat tak punya anak/cucu
-          Mendapatkan 1/6 bagian dan Ashobah bila simayat punya anak perempuan atau cucu perempuan dan tak ada anak laki-laki atau cucu laki-laki .
-          Mendapatkan 1/6 bagian saja tanpa Ashobah bila simati punya anak laki-laki atau cucu laki-laki dari anak laki-laki.
8.   Ketentuan khusus untuk Kakek (Datuk = Bapaknya bapak )
 -   Kakek dapat menduduki status Bapak (lihat no. 7 ) bila sudah tidak ada
      a .  Ayah
           b .  Sdra / Sdri Sekandung / Sebapak
 -   Jika kakek hanya mewarisi bersama Sdra / Sdri Sib / maka kakek   mendapat bagian yang lebih baik diantara diantara dua jalan :
i . Muqosamah, seolah-olah dia tergolong saudara.
      ii. Menerima 1/3 seluruh harta peninggalan
-           Apabila Kakek bersama anak atau cucu dan bapak  telah tiada, maka memdapatkan 1/6 bagian.

G.    Ashobah

Ashobah yaitu ahli waris yang mendapat bagian dengan tanpa ketentuan. Bisa jadi mendapat seluruh harta atau hanya sisa setelah bagian dzawil furudl diberikan terlebih dulu.
Ada tiga macam ashobah :
1.      Ashobah bi nafsi ialah kerabat laki-laki yang dipertalikan dengan si mati tanpa di selingi oleh orang perempuan. Dalam hal ini ada 4 kelompok yang diutamakan satu sama lain menurut urutan berikut :
a.       Keturunan si mati, yaitu anak laki-laki dan cucu laki-laki betapapun rendah menurunnya
b.      Orang tua si mati, yaitu ayah dan kakek betapapun tinggi mendakinya
c.       Kerabat menyamping si mati yang dekat, yaitu keturunan dari ayah simati, seperti : saudara-saudara seibu/sebapak si mati dan anak laki-laki mereka rendah menurunnya
d.      Kerabat menyamping simati yang jauh, yaitu keturunan dari kakek si mati betapa tinggi mendakinya dan anak laki-laki mereka betapa rendah menurunnya seperti :
1)      Paman si mati dan anak laki-laki mereka betapa rendah menurunnya
2)      Paman ayah simati dan anak laki-laki mereka betapa rendah menurunnya
3)      Paman kakek si mati dan anak laki-laki mereka betapa rendah menurunnya
2.      Ashobah bil ghoir ialah setiap perempuan yang kemudian menjadi ashobah sebab bersama-sama laki-laki yang sederajat dengannya dalam kekerabatannya sebagai ashobah untuk bersama-sama menerima ushubah (sisa) dengan ketentuan laki-laki mendapat dua kali bagian perempuan. Mereka itu ialah :
a.       Anak perempuan kandung bila bersama anak laki-laki kandung
b.      Cucu perempuan pancar laki-laki bila bersama cucu laki-laki pancar laki-laki atau anak laki-laki pamannya atau orang laki-laki yang lebih rendah derajatnya (seperti cicit = anak laki-lakinya cucu laki-laki pancar laki-laki)
c.       Saudari sekandung, bila bersama saudara sekandung
d.      Saudari se ayah, bila bersama saudara seayah.
3.      Ashobah Ma’al Ghoir ialah setiap perempuan yang memerlukan orang lain untuk menjadi ashobah, tetapi orang lain tersebut tidak berserikat dalam menerima ushubah dan orang lain tersebut tetap menerima bagian menurut fardhnya sendiri. Ashobah ma’al ghoir itu hanya berjumlah 2 orang yaitu :
a.       Saudari sekandung
b.      Saudari seayah
Bila bersama dengan seorang atau lebih anak perempuan atau cucu perempuan pancar laki-laki sampai betapapun jauh menurunnya.

H.    Hijab

Hijab ialah tertutupnya seorang ahli waris tertentu dari mempusakai, baik tertutup seluruhnya ataupun sebagian hak penerimanya, lantaran adanya ahli waris lain. Orang yang di hijab disebut “Mahjub”
Hijab ada dua macam, yaitu :
a.       Hijab Nuqshon artinya mengurangi 1/2 bagian ahli waris, karena ada ahli waris lain bersamanya.
Contohnya :     Ibu mendapat 1/3 bagian, tetapi bila si mati meninggalkan anak cucu atau saudara,maka ibu mendapat 1/6 bagian
b.      Hijab Hirman artinya menghalangi seseorang untuk mendapatkan warisan karena adanya ahli waris yang lebih dekat hubungannya dengan mayat.
Contohnya :   - Cucu laki-laki tidak akan mendapatkan bagian jika anak laki (bapak si cucu) masih ada (hidup).
                      -

Untuk mengetahui siapa yang saja diantara anggota kerabat ahli waris yang terhijab hirman dan siapa saja yang berhak menjadi pewaris, maka simaklah jadwal Hijab Hirman berikut ini :

I. Jadwal Hijab Hirman

1
Kakek
Bpk

2
Nenek
Ibu

3
Al/Ap-Al
Al

4
Sdra Sib
Bpk
Al
Al-Al

5
Sdri Sib

6
Sdra Sb
Sdra-Sib
SdriSib

7
Sdri Sb

8
Sdra Si
Kakek
Al
Al-Al
Ap
Ap-Al

9
Sdri Si

10
Al-Sdra Sib
Sdra Sib
SdraSb
SdriSib
SdriSb

11
Al-Sdra Sb
Al-SdraSib

12
Pm Sib
Al-SdraSb

13
Pm Sb
PmSib

14
AlPmSib
PmSb

15
AlPm Sb
Al-PmSib
Mahjub
(yang dihalangi)
Hajib  (Penghalang)

Contoh :     Nomor 4 Saudara seibu bapak (saudara laki-laki sekandung) bisa mendapat harta waris dari si mati bila tidak ada bapak, anak laki-laki dan anak laki-lakinya anak laki-laki (cucu)

 

J.  Hikmah Mawaris

      Dengan dipraktekkannya perhitungan Ilmu Mawaris , maka akan menimbulkan :
1. Tegaknya nilai-nilai perikemanusiaan, kebersamaan dan demokratis diantara ahli waris;
2. Terpeliharanya harta benda  orang yang meninggal ;
3. Tegaknya keadilan di tengah-tengah anggota keluarga ;
4. Terciptanya kerukunan seluruh anggota keluarga ;
5. Mengambil harta dari orang lain secara halal;
6. Lestarinya Ajaran Islam ;
7. Mendapat ridlo Allah SWT.

CATATAN
Apa yang kami tulis dalam bab ini sebagian dasar yang sedikit dalam ilmu waris yang perlu diketahui, untuk selanjutnya silahkan periksa sendiri kelengkapannya dalam kitab berikut :
a. IDDATUL FARO’IDL oleh Asy-Syech Sa’id bin Sa’d bin Nabhan AlHudlriy
diterjemahkan dalam bahasa Jawa oleh AlUstadz Dzun Nuroin AlKarnawi  Lirboyo- Kediri.
b. ILMU WARIS oleh Drs. Fatchur Rahman, PT. Al Ma’arif, Bandung,1981
c. Kompilasi Hukum Islam di Indonesia. – Pengadilan Agama

 

K. Contoh Perhitungan

1.      Seorang bernama Alimah meninggal ahli warisnya sebagai berikut : Ibu, Ayah, Suami, kekek, paman, Anak Paman, Anak Perempuan, Anak Laki-laki dan Saudara Seibu. Harta peninggalan senilai Rp. 72.000,- Siapa yang berhak mewarisinya dan berapa bagian mereka masing-masing ?
-          Siapa yang tidak terhalang haknya lihat jadwal hijab hirman! Yaitu : Ibu (1/6), ayah (1/6), suami (1/4), anak laki-laki (Asb), anak Pr (abg)
Am :
12 x 3 =
36
Ibu
1/6
2
6
Ayah
1/6
2
6
Suami
¼
3
9
Al
Abs
5 à 15
10
Ap
Abg
5
                       
 
Am : (asal masalah) adalah KPK dari penyebutnya masing-masing bagian yaitu 6, 6, 4 à  kpknya adalah 12


 
2 dari 1/6 x 12
2 dari 1/6 x 12
3 dari  1/4 x 12
5 adalah sisa dari 12 setelah dikurangi 2,2 & 3



kemudian 12 dikalikan 3 sebab 5 tidak dapat dibagi 3 yaitu 2 bagian untuk Al dan 1 bagian untuk Ap. Hasil akhirnya :
-          Ibu mendapat         6/36   x Rp. 72.000      : Rp. 12.000
-          Ayah mendapat     6/36   x Rp. 72.000      : Rp. 12.000
-          Suami mendapat    9/36   x Rp. 72.000      : Rp. 18.000
-          Al mendapat          10/36 x Rp. 72.000      : Rp. 20.000
-          Ap mendapat         5/36   x Rp.72.000       : Rp. 10.000
2.      Barriyah mati, meninggalkan Suami dan Dua Saudari kandung. Harta peninggalan senilai Rp. 14.000,- Berapa bagian mereka !
Cara penyelesaiannya :

am
6 ( AUL )
+ 1 = 7
Suami
½
3
3
2 Sdri
2/3
4
4
Bila dalam perhitungan jumlah bagian masing-masing lebih besar dari pada asal masalah maka disebut AUL yaitu asal masalah harus disesuaikan.
Dalam hal ini di tambah 1
-          Suami mendapat 3/7 x Rp. 14.000 = Rp. 6.000
-          2 sdri mendapat  4/7 x Rp. 14.000 = Rp. 8.000
Dalam hal AUL ada perselisihan pendapat antara Umar bin Khottob ra.Zaid Bin Tsabit ra. dan Abbas ra. (sebagai pelopor AUL) dan Ibnu Abbas ra (sebagai penentang AUL). Sedang Dr. Muhammad Yusuf Musa berpendapat “tidak perlu ada AUL secara mutlak”. Untuk selengkapnya baca Bab AUL. Hal 409, Ilmu Waris oleh Drs. Fatchur Rohman,
3. Seseorang mati, meninggalkan Ibu, dua saudara laki-laki seibu dan harta peninggalan senilai Rp. 12.000,-. Berapa bagian mereka masing?

Am         :       6
6
Ibu
1/6
2
1 + 1
2 Sdra Si
1/3
4
2 + 2
Sisa   3 RODD


Bila dalam perhitungan ternyata terdapat sisa maka harus dibagi lagi menurut fardlnya (bagiannya) masing-masing. Yang demikian ini disebut RODD
4. Harta peninggalan si mati sejumlah Rp. 96.000,- Ahli warisnya dari : Anak perempuan, cucu perempuan pancar laki-laki, istri. Berapa bagian mereka!
Cara Penyelesaian :

Am         24 x  4 = 96
96
Istri
1/8
  3             12  -
12
Ap
½
12             48  +  15
63
Cp
1/6
  4             16  +  5
21
Sisa  
  5     à     20 rodd

Perlu diingat Rodd tidak berlaku untuk à Suami atau Istri.
Sebab rodd berkaitan dengan pertalian darah.
Rodd diberikan pada Ap dan Cp dengan perbandingan 12 : 4 = 3 : 1 agar 5 bisa diberikan 3 banding 1, maka dikalikan 4 menjadi 20 = 15 + 5
5.   Harta peninggalan si mati senilai Rp. 6.000,- Ahli waris terdiri dari dua anak perempuan, saudara perempuan istri, ibu. Berapa bagian mereka !
Am
24
Anak perempuan dan sdr perempuan menerima sebagai ashobah maal ghoil dan dibagi sesuai bagiannya masing-masing!

2 ap
Amg
17 à

Sdrp
4/7 x              =  
Istri
1/8
3 à
3/7 x
Ibu
1/6
4 à



6..        Ahli waris terdiri dari 2 anak perempuan dan Saudara perempuan. Berapa bagian mereka masing-masing ?
Am
6 AUL
7
2  ap
2/3
4
4
Sdrp
½
3
3

7.      Harta peninggalan si mati sebesar Rp. 72.000,- Ahli waris terdiri dari istri, kakek dan cucu perempuan tunggal pancar laki-laki. Penyelesaiannya ?

Am  :
24
24
Kakek dapat menduduki status ayah bila sudah tidak ada
  1. Ayah
  2. Sdra / Sdri Sib / Sb
Istri
1/8
3
3
Cc Pr
½
12
12
Kakek
1/6 + sisa
4  +  5
9

Sisa
5

8.   Harta peninggalan 9 Ha. Sawah, pewaris terdiri dari : Kakek, 2 orang Sdra.

Am
3
Jika kakek hanya mewarisi bersama Sdra / Sdri Sib / maka kakek mendapat bagian yang lebih baik diantara diantara dua jalan :
  1. Muqosamah, seolah-olah dia tergolong saudara.
  2. Menerima 1/3 seluruh harta peninggalan
Kakek
1
2 Orang Sdra
2

Sudah banyak bukti dan kenyataan bahwa :
* Mengalah dalam menerima warisan bukan berarti kalah, sebab Allah yang akan memberi ganti dengan harta yang lebih baik.

* Akan tetapi menerima harta banyak dengan cara yang tidak halal (tidak sesuai ketentuan), tidak akan membawa berkah (tidak akan berkembangan untuk modal usaha apapun, malah bisa-bisa mendatangkan bala’/ bencana / penyakit sepanjang hidup).